Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Hamil adalah masa-masa yang selalu didamba dan ditunggu oleh setiap perempuan yang menikah. Akan tetapi, seringkali para calon ibu itu kerap mengeluh terkait kehamilannya. Ibu hamil menjadi sering mual, muntah, kram, dan nyeri di bagian-bagian tubuh tertentu. Apa sih penyebabnya?
Menurut dr Prima Progestian, SpOG seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan, menyatakan bahwa ibu hamil mengalami perubahan revolusioner karena mendapatkan atau mengandung 'benda asing' di dalam tubuhnya yaitu bayi.
"Bayi itu merupakan benda asing bagi tubuh ibu karena bayi itu kan separuh gen ayah dan separuh gen ibu. Sehingga, wajar kalau saat hamil muncul berbagai keluhan karena di tubuh ada benda asing," kata dr Prima di sela-sela acara 'Rayakan Momen Wow Mama' di Hong Kong Cafe, Jakarta seperti diberitakan detik.com.
Rasa mual, muntah, tidak nafsu makan, dan nyeri pada tubuh merupakan kondisi alamiah yang dialami ibu hamil. Menurut dr Prima, itu terjadi karena ibu hamil mengalami perubahan revolusioner dari segi hormon dan biokimiawi yang cukup besar.
"Perubahan ini akhirnya menyebabkan ibu hamil menjadi mual ya terutama terus muntah. Tidak hanya itu, fisik ibu hamil yang semakin membesar juga bisa membuat sesak dan pegal-pegal," jelas dr Prima.
Tidak hanya keluhan alamiah yang muncul saat masa kehamilan saja, keluhan lain juga kerap timbul jika ibu hamil memiliki faktor penyakit penyerta sebelum masa kehamilan. Misalnya saja tekanan darah tinggi dan diabetes.
"Jika ibu memiliki penyakit sebelum masa kehamilan ini yang disebut sebagai faktor penyerta. Jadinya saat hamil keluhan dan kondisi penyakitnya ini malah semakin berat. Makanya masa-masa kehamilan itu adalah masa-masa yang wow," kata dr Prima.

Dikatakan dr Prima, keluhan pada ibu hamil yang muncul secara alamiah ini akan berkurang dan hilang setelah trisemester atau tiga bulan pertama masa kehamilan. Meski begitu, dr Prima menekankan ibu hamil tetap harus mencukupi kebutuhan nutrisi yang seimbang. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top