Berita

KAJIAN

IQTISHOD

ARTIKEL

KHAZANAH

Kesehatan

Muslimah

Iptek

Download


Umat Islam di Eropa kembali menjadi korban islamophobia. Kali ini menimpa Imam Masjid Stockholm. Dilaporkan pada hari Jumat (13/2) lalu imam masjid Stockholm telah menerima ancaman pembunuhan dari orang tak dikenal. Sebuah paket berisi bubuk putih juga dikirim ke masjid yang terletak dekat Medborgarplatsen di pusat kota Stockholm.
"Polisi telah mengambil beberapa langkah dan kami memiliki kontak dengan mereka. Kami berharap bahwa mereka akan memperjelas kasus ini dengan cepat," ujar Omar Mustafa, presiden Asosiasi Islam Swedia seperti dikutip thelocal.se.
Setelah mendapatkan laporan ancaman tersebut, kini Kepolisian Swedia melakukan penjagaan keamanan di sekitar rumah ibadah umat Islam itu.
Omar sendiri menolak untuk menjelaskan secara detail perkembangan kasus ini, tetapi menurutnya ini merupakan ancaman pembunuhan yang serius dan harus segera ditangani kepolisian.
Serangan ini bukan yang pertama kali diterima oleh Masjid Stockholm. Tahun lalu saja, setidaknya terdapat 12 laporan serangan yang dilakukan pada masjid terbesar di Stockholm ini. Jumlah kasus penyerengan masjid ini diyakini bertambah pada tahun ini. Masjid Raya Stockholm secara resmi bernama Masjid Zayed bin Sultan Al Nahyan. Masjid ini merupakan masjid terbesar di ibukota Swedia dan diresmikan pada tahun 2000. Bangunan ini dapat menampung 2.000 orang.
Sebelumnya pada Natal tahun lalu, sedikitnya lima orang terluka dalam kebakaran di sebuah masjid di Eskilstuna di pusat kota Swedia. Sementara itu, masjid lain di Esloev di Swedia selatan dilaporkan dibakar secara sengaja oleh pelaku tak dikenal. Di lain tempat, pembakaran masjid ketiga dilaporkan pekan lalu di kota terbesar keempat Swedia Uppsala beberapa hari kemudian.
Menurut majalah anti-rasisme Expo, setidaknya sudah ada selusin serangan terhadap masjid yang terkonfirmasi di Swedia pada tahun lalu dan jumlah yang jauh lebih besar diyakini telah dilaporkan. Kepolisian Swedia juga mencatat ada 300 kasus kriminal yang bernuansa rasial terhadap umat Islam.

Serangan terhadap masjid ini datang di tengah meningkatnya gelombang tren anti-imigrasi di negara Eropa. Warga Muslim Swedia saat ini memiliki populasi antara 450.000 hingga 500.000 jiwa dari total sembilan juta jiwa warga Swedia, menurut laporan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 2011. [islamaktual]

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment

Visit Us


Top